Site Loader

LOCATION

Jl. Pramuka No.16 Telagasari Kab.Karawang

Khasiat atau manfaat delima bagi kesehatan sangat banyak. Buah surga kesukaan Nabi Muhammad ini memiliki antioksidan yang tiga kali lebih kuat dari anggur dan teh hijau. Buah delima yang memiliki nama latin Punica granatum ini ternyata masuk salah satu buah dengan kandungan gizi paling tinggi. Wajar saja  manfaat buah  delima bagi kesehatan sangat banyak.

Dalam Alquran surat Ar-Rahman disebutkan bahwa delima termasuk buah yang memiliki khasiat atau manfaat untuk kesehatan dan pengobatan.

Di dalamnya (surga) ada buah-buahan, pepohonan kurma dan delima,” (QS. Ar-Rahman: 68).

Manfaat buah delima bagi kesehatan benar-benar ada karena memiliki antioksidan Punicalagin yang kekuatannya tiga kali lipat melebihi anggur merah dan teh hijau.

Punicic acid yang terkandung di dalam buah delima juga sangat baik untuk kesehatan. Dalam literatur ilmu kedokteran, buah delima yang memiliki rasa manis bersifat panas dan basah. Buah delima jenis ini manfaatnya bisa mengobati infeksi pada tenggorokan, dada, paru-paru, serta melegakan batuk.

Sementara buah delima yang memiliki rasa asam dan bersifat dingin  serta kering bermanfaat mendinginkan panas perut dan memproduksi air kencing.

Dalam riwayat yang ditulis Ibnu Abbas di sebuah hadits menyebutkan bahwa buah delima dianggap sebagai salah satu buah surga. Nabi Muhammad suka sekali memakan buah ini.

Tidaklah buah delima yang ada pada kalian sekarang ini, melainkan sebahagian daripada buah delima dari surga.” (Diriwayatkan oleh Al-Dzabi).

Khasiat atau manfaat buah delima bagi kesehatan juga disebutkan dalam hadits yang bunyinya” Makanlah buah delima dan bagian dagingnya sekaligus, karena buah ini berfungsi membersihkan lambung. ” (Diriwayatkan Ahmad, Baihaqi dan Ibnu Sunni)

 berikut adalah 14 manfaat delima bagi kesehatan, buah surga kesukaan Nabi Muhammad.

Manfaat delima bagi kesehatan

1. Memiliki sifat antiinflamasi

Manfaat buah delima bagi kesehatan yang pertama adalah memiliki sifat antiinflamasi. Peradangan kronis adalah salah satu pemicu utama sejumlah penyakit serius. Di antaranya penyakit jantung, kanker,diabetes tipe 2, Alzheimer, dan kegemukan.

Delima memiliki sifat antiinflamasi yang kuat, sebagian besar dikarenakan sifat antioksidan dari punicalagins. Secara tidak langsung, konsumsi buah delima atau jus delima segar secara teratur akan menurunkan risiko terkena penyakit-penyakit tersebut.

2. Mencegah penyakit jantung

Manfaat delima untk mencegah penyakit jantung. Buah delima kaya akan polifenol yang bersifat antioksidan. Artinya manfaat buah delima bagi kesehatan adalah untuk mencegah kerusakan akibat radikal bebas pada dinding arteri, sehingga mencegah penyakit jantung. Buah ini juga mampu menjaga kadar kolestrol buruk agar tak terjadi plak dan menyebabkan masalah koroner jantung.

Sebuah studi yang dilakukan kepada 51 orang dengan tingkat trigliserida tinggi menunjukkan bahwa konsumsi 800 mg minyak biji delima per hari secara signifikan menurunkan trigliserida dan meningkatkan rasio trigliserida-HDL.

3. Menurunkan tekanan darah

Manfaat atau khasiat buah delima bagi kesehatan yang ketiga adalah untuk menurunkan tekanan , dengan mencegah aktivitas serum enzim pengubah angiotensin. Asam punisat adalah salah satu komponen dalam delima yang membantu menurunkan kolesterol, trigliserida dan mengurangi tekanan darah.

4. Membantu melawan kanker prostat

Selanjutnya, manfaat buah delima untuk melawan kanker prostat. Kanker prostat adalah jenis kanker yang umum ditemui pada pria. Studi laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak buah delima dapat memperlambat reproduksi sel kanker dan bahkan menginduksi apoptosis (kematian sel) kanker. Selain kanker prostat, manfaat delima bagi kesehatan lainnya adalah untuk mencegah kanker payudara kanker, paru hingga kanker kulit.

5. Membantu pencernaan

Kamu perlu asupan makanan kaya serat agar pencernaan tetap sehat. Mengonsumsi satu buah delima setiap hari juga baik untuk menjaga asupan serat bagi tubuh. Satu buah delima bisa memenuhi kebutuhan 45 persen asupan serat harian.

Manfaat buah delima untuk mencegah Alzheimer

6. Mencegah Alzheimer

Para peneliti percaya dengan manfaat delima untuk mencegah Alzheimer. Studi yang dilakukan Hartman serta rekan-rekan penelitinya menunjukkan, jus delima mampu mengurangi akumulasi amyloid di hippocampus hingga 50 persen. Hal itu membuat delima dianggap bisa meningkatkan kondisi pasien Alzheimer jadi lebih baik.

7. Meningkatkan sistem imun

Manfaat delima untuk kesehatan yang ketujuh adalah meningkatkan sistem imun. Kaya akan senyawa anti-inflamasi, delima sangat menyehatkan bagi mereka yang mengalami gangguan sistem imun tubuh seperti rheumatoid arthritis dan osteoartritis. Buah delima banyak mengandung vitamin C yang meningkatkan produksi kekebalan tubuh sehingga terhindar dari infeksi.

8. Meningkatkan libido

Ternyata, manfaat buah delima untuk kesehatan tidak hanya sebagai obat, tapi juga untuk meningkatkan gairah seksual. Sejak dulu delima kerap digunakan sebagai simbol kesuburan. Menurut sebuah studi yang dilakukan para peneliti dari Queen Margaret University, segelas jus delima meningkatkan kadar testosteron pada pria dan wanita. Itu sebabnya delima pun bisa berfungsi sebagai afrodisiak, meningkatkan libido dan stamina seksual.

9. Mengurangi tingkat stres

Manfaat buah delima untuk untuk mengurangi tingkat stres. Menurut studi yang dilakukan di Queen Margaret University, individu yang minum jus delima memiliki kadar kortisol yang rendah.

10. melawan arthritis dan nyeri sendi

Ada beberapa jenis arthritis, tetapi kebanyakan melibatkan peradangan pada persendian. Mengingat sifat antiinflamasi yang dimiliki delima, tak mengherankan jika buah surga kesukaan Nabi Muhammad ini bisa mengobati arthritis.

Menariknya, penelitian laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak buah delima dapat memblokir enzim yang diketahui merusak sendi pada penderita osteoartritis. Ekstrak buah delima juga telah terbukti dapat meredakan radang sendi pada tikus, tetapi bukti dari penelitian dengan objek manusia manusia masih sangat terbatas.

Manfaat delima untuk melawan infeksi bakteri dan jamur

11. Membantu memerangi infeksi bakteri dan jamur

Senyawa nabati dalam buah delima dapat membantu melawan mikroorganisme berbahaya. Senyawa ini terbukti mampu memerangi beberapa jenis bakteri serta jamur Candida albicans. Efek antibakteri dan antijamur delima juga dapat melindungi terhadap infeksi dan peradangan di mulut. Misalnya saja kondisi seperti gingivitis, periodontitis, dan stomatitis gigi palsu.

12. Mencegah plak

Manfaat buah delima untuk mencegah plak. Jus delima bisa menjadi pilihan sebagai pencuci mulut bila kamu kesulitan menemukan mouthwash. Beberapa senyawa dalam delima memberi efek antiplak yang kuat. Studi menunjukkan, ekstrak hidroalkoholik dari delima efetif mengurangi plak gigi hingga 84 persen.

13. Membuat awet muda

Senyawa polifenol dalam delima sangat ampuh menghambat proses penuaan. Itu sebabnya rutin mengonsumsi delima bisa membuat kulit bercahaya dan jauh dari keriput.

14. membantu meningkatkan daya ingat

Manfaat delima untuk meningkatkan daya ingat. Sebuah studi yang dilakukan pada pasien bedah menunjukkan bahwa 2 gram ekstrak buah delima dapat mencegah penurunan memori setelah operasi.

Studi lain yang dilakukan terhadap 28 orang dewasa di kelompok usia senja dengan keluhan penurunan daya ingat menunjukkan bahwa 8 ons (237 ml) jus delima per hari secara signifikan dapat meningkatkan penanda memori verbal dan visual. Studi yang dilakukan dengan objek tikus juga menunjukkan bahwa buah delima dapat membantu melawan penyakit Alzheimer.


Post Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Apakah ada yang bisa kami bantu ?
Powered by